Sabtu, 24 Januari 2009

Knalpot


Knalpot
Kadang scooterist menganggap remeh fungsi dari pada knalpot. Sehingga setiap kali service jarang ada yang memperhatikan bagian knalpot. Padalah knalpot adalah merupakan salah satu bagian yang berpengaruh pada akselerasi. Nach kalo knalpotnya tersumbat / mampet / tidak lancar bagaimana vespa mau enak tarikannya ???Ciri2 knalpot mampet adalah :1. Tarikan awal terasa berat2. Pada mesin terdengar suara menggelitik (tek..tekk…tekkk)3. Pada ujung busi berwarna hitam (seperti habis terbakar)4. Busi tidak awet / gampang mati.5. Mesin hidupnya susah6. Karburator banjirUntuk mengatasinya, knalpot harus dibobok di tukang las karbit. Bersihkan semua kotoran didalamnya dan saran saya kosongkan saja jeroan knalpot sampai kopong baru kemudian dilas kembali. Agar suara knalpot tidak berisik, lobang buangnya kasih pipa yang kecil aja (aslinya knalpot).Saya jamin dech, pasti vespa jadi enteng tarikannya.
Karburator Batuk:
Kalau di moncong karbu muncul suara ngook, akibat jarang servis karbu. Hal ini akibat debu dan air mulai mengendap sehingga menggangu suplai bensin dari tangki ke karbu hingga masuk ke ruang bakar. Trik mengatasinya pertama lihat apakah bensin di tangki masih ada dan cukup kirim ke karbu, kemudian pastikan juga keran bensin berfungsi baik dan ditutup tangki terdapat saringan kotoran. Pengecekan berikut mengarah ke bak karbu. Lihat apakah bensin yang tertampung di bak amat minim lantaran tertahan jarum pelampung yang kemungkinan disetel terlalu irit. Jika tidak, jangan lupa cuci endapan kotoran di filter yang ada di tutup bak karbu.
Tali Gas, Rem, kopling putus;
Pemicunya, kurang perawatan, kerja piranti ini jadi berat. Lantaran dipaksa, akhirnya putus. Umumnya ada dua kemungkinan posisi kabel putus. bisa bagian pangkal, tepatnya pada timahnya(rem hanya bagian depan). atau bagian ujungnya (untuk kpling, gas dan rem di setang).
Bila hal pertama yang muncul, mengatasinya lepas dulu nepel pengikat di ujungnya. lalu dari pangkal sling itu ditarik dikit. “pokoknya sampai bisa ditekuk ke ujung tuas” jelas ipong. setelah itu baru dikunci kawat lewat bantuan tang.
Tetapi bila ujungnya yang lepas, alhasil tak ada sisa lagi sling yang bisa ditarik. solusinya, potong rumah kabel itu. kabel sling jadi panjang lagi dan bisa dikunci nepel. Oh iya , buat kabel gas bila putusnya pada bagian tengah bisa pakai cara praktis, bypas kabel yang keluar dari karburator. Lantas digerakkan langusng pakai tangan. CAranya mudah kok, anda tinggal lepas rumah kabelnya.
Ubah Pengapian CDI
Vespa lawas seperti Super, PS dan PX yang belum dilengkapi sistem pengapian CDI sudah barang tentu pengapian tipe platina perlu lebih sering "ditengok" ketimbang yg pake CDIKalo mau praktis ubah saja sistem pengapian nya jadi CDI. Beberapa tipe Vespa memang agak sulit dalam pengerjaannya sebab harus mengubah magnet dan menggulung spul baru, namun khusus tipe PX keluaran 80-82 dan super 77-79 jauh lebih mudah karena tipe ini tinggal ganti spul yang dilengkapi IC dan dan micro chip pengapian, berikut langkah modifikasinya :1. Setelah boks mesin terbuka lepas kipas magnet menggunakan alat bantu yg namanya Treker2. Lepas seluruh baut spul pengapian dengan obeng, lepas juga seluruh kabel yg menghubungkan ke spul, pada spul ini terdapat lima warna kabel yang memiliki fungsi sendiri-sendiri3. Setelah itu lepas juga kotak terminal kabel yang terhubung dengan kabel spul4. Kemudian pasang spul IC, sedangkan micro chip dipasang di kotak terminal yang dilepas tadi, sambung kabel sesuai warnanya; hitam dan putih untuk massa, hijau untuk micro chip, merah untuk ke CDI dan biru ke lampu.Mudahnya lagi sistem ini ga perlu nyari posisi top
Kaca Speedometer vespa yang retak
Para Vespa Mania pasti tau kalau punya vespa tua atau antik, terkadang kaca spedometernya sudah agak retak-retak karena terkena panasnya cahaya matahari dan siraman air hujan.
nah dari pada kita beli yang baru dan menjaga ke-orisinil-an nya maka dapat kita atasi dengan bantuan OLI, caranya : ambilah setetes oli untuk campuran bensin atau oli apa saja, kemudian oleslah ke kaca / plastik spedometer tersebut sampai merata. diamkan beberapa lama, maka akan hilanglah goresan retak-retak pada spedometer kita, kemudian bersihkanlah dengan lap kain.
CATATAN: kalau kita mencuci spedometer tersebut jangan sampai kena sabun, karena bila kena kita harus olesin lagi olinya.

0 komentar:

penting

Template by - VESPA MONAS CLUB | copy right 2008 Ari | Support by Tito + Agus_zyspan + Jali