Jumat, 16 Januari 2009

Busi jilid 2


Busi Mati
Saat berkendara mesin mati mendadak. Penyebabnya banyak, dari kepala busi, koil sampai CDI uzur. mending cek satu-satu. Umumnya api busi lemah. "tetapi bila koil atau CDI mati, harus ganti baru.
Jangan kuatir jika hanya busi yang bermasalah. cara membangkitkan pemantik api busi ialah pecahkan keramik pembungkus elektrode. Caranya, bisa di cungkil pakai obeng atau dijepit tang. lalu bagian keramik yang dipecahkan tadi dipanaskan. Boleh menggunakan korek api dan pasang lagi ke kepala silinder. Coba, hidupkan lagi mesin motor

Yang menyebabkan busi mati
1. Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil2. Coil terlalu lemah3. Platina / CDI lemah4. Rendahnya kualitas Bensin5. Rendahnya kualitas Oli samping
Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir

MERAWAT BUSI SUPAYA AWET
Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.
langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.
Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :
1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.
Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.
Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.
Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.
Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
Jangan Pernah Buang Busi
Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lama buanget…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.
Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh,

0 komentar:

penting

Template by - VESPA MONAS CLUB | copy right 2008 Ari | Support by Tito + Agus_zyspan + Jali